Pages

Sejarah Sekolah

SMK Negeri 1 Susukan terletak di Jalan Raya Susukan - Brengkok, kecamatan Susukan kabupaten Banjarnegara provinsi Jawa Tengah. Ekansa - sebutan untuk SMKN 1 Susukan, merupakan unit sekolah baru sekaligus sekolah kejuruan negeri pertama dan satu-satunya di kawasan Banjarnegara bagian barat. Didirikan dengan SK Pendirian dan izin operasional sekolah No. 421.3/339/2015 pada tanggal 19 Maret 2015, SMKN 1 Susukan membuka 4 (empat) kompetensi keahlian, yaitu: Teknik Ototronik (TO), Kriya Kreatif Batik dan Tekstil (KKBT), Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), serta Desain Interior dan teknik Furnitur (DITF). Meski tergolong sekolah muda, seluruh stake holder SMK Negeri 1 Susukan memiliki komitmen yang kuat, bulat, dan penuh semangat untuk muwujudkan terciptanya pendidikan menengah kejuruan yang bermutu dan berkualitas untuk peserta didik serta mengembangkan SMK Negeri 1 Susukan menjadi pusat pendidikan yang memberi kemaslahatan bagi masyarakat seluas-luasnya. Lebih jauh lagi daripada itu, SMK Negeri 1 Susukan siap ikut berkontribusi aktif untuk daerah maupun nasional. 

Optimisme ini tidak lepas dari adanya potensi dan karakteristik yang dimiliki SMK Negeri 1 Susukan, dimana secara geografis sekolah terletak di wilayah yang sangat strategis, yaitu di ujung barat wilayah kabupaten Banjarnegara berbatasan langsung dengan kabupaten Banyumas bagian timur. Sehingga kini, lulusan dari SMP/MTs di kecamatan Susukan tidak harus menempuh pendidikan menengah lanjutan yang lebih jauh keluar wilayah, seperti ke kecamatan Purwareja Klampok, kota Banjarnegara, Somagede, Banyumas dan wilayah lain. Tak lain karena saat ini di Kecamatan Susukan sendiri sudah tersedia sekolah setingkat SLTA – dengan status negeri. Semoga, dengan hadirnya SMK Negeri 1 Susukan dapat memberikan akses pendidikan yang lebih mudah dan terjangkau – mengingat hampir sebagian besar wilayah kecamatan Susukan bagian selatan merupakan daerah pegunungan dengan akses jalan yang sangat sulit dan terjal. SMK Negeri 1 Susukan juga ke depan diproyeksikan menjadi  pusat pendidikan unggulan dan rujukan di wilayah Susukan dan sekitarnya. Hal menarik lainnya yang dimiliki kecamatan Susukan adalah adanya sentra produksi Batik Gumelem dan wisata alam-nya seperti; pemandian air hangat Pingit, Girilangan, Curug Cileret dan lainnya.

Hal tersebut sekiranya dapat ikut menjadi daya dukung eksistensi dan pengembangan SMK Negeri 1 Susukan ke depannya. Dalam usianya yang muda, SMK Negeri 1 Susukan telah berhasil mengukir prestasi dengan merebut posisi juara 1 dan 2 dalam kejuaraan POPDA dan KEJURDA Kabupaten Banjarnegara Tahun 2015-2016 cabang atletik. Pada tahun 2022, SMK Negeri 1 Susukan mendapat peringkat 3 kabupaten untuk LKS IT Network dan peringkat 1 untuk LKS Web Tech yang kemudian mewakili kab. Banjarnegara maju ke tingkat Prov Jawa Tengah. Bersaing dengan 35 SMK Se-Jawa Tengah, SMK Negeri 1 Susukan menempati peringkat Harapan 1 (posisi 4 besar) LKS Web Tech.

Komentar

Saat ini Komentar Tidak tersedia.